7 Jan 2013

Materi Sistem Informasi Structure English (SE) dan Pseucode (UNINDRA)

. 7 Jan 2013

Pada mata kuliah Sistem Informasi kalian pasti akan mendapatkan materi mengenai Structure English (SE) dan Pseucode. Mau tau lebih detail mengenai materi tersebut, okey disini kalian berada di jalur yang benar karena funday akan membahas mengenai Perancangan Program sbb :

PERANCANGAN PROGRAM

Algoritma merupakan pola pikir terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian masalah.Dalam tahap-tahap tersebut dapat digunakan dengan teknik tulisan dan gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan metode structure English,struktur Indonesia dan pseudocode. Dalam penyajian dengan gambar dapat menggunakan metode structure chart,hierarchy plus input process output dan flowchart.
  1. Structured English dan struktur Indonesia

    Structured English (SE) merupakan alat yang cukup efisien untuk menggambarkan suatu algoritma.Basis dari structured English adalah bahasa Inggris sedangkan Struktur
    Indonesia (SI) berbasis pada bahasa Indonesia.

  2. Pseudocode
     
    Pseudocode berasal dari kata pseudo (mirip) dan code (kode).Pseudocode merupakan salah satu metode menuliskan algoritma yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya. Pseudocode berbasis pada bahasa pemrograman yang sesungguhnya, seperti COBOl, FORTRAN,C atau Pascal, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.

Secara garis besar struktur penulisan program terdiri dari :

  1. Struktur urut

Contoh struktur urut

- untuk SI :
    Baca data Jam-kerja
    Hitung Gaji adalah Jam-kerja dikalikan Tarip
    Tampilkan Gaji
- untuk pseudocode :
    Baca data Jam-kerja dari keyboard Read Jam-kerja
    Hitung Gaji = Jam-kerja * Tarip Let Gaji = Jam-kerja * Tarip
    Tampilkan Gaji di monitor Print Gaji
  1. Struktur Keputusan

Contoh struktur keputusan :
Struktur If-Then
  • untuk SI : If Nilai lebih besar dari 60 Then tambah 1 ke Lulus
  • untuk pseudocode :
If Nilai > 60 Then
Lulus = Lulus + 1
Endif
  1. Struktur Iterasi (Perulangan)
Contoh struktur Iterasi :
Struktur For
  • untuk SI :
Baca Jumlah-barang
    Untuk masing-masing barang
        Baca data Nilai-penjualan (Unit dan Harga)
        Hitung Nilai-barang yaitu Unit dikalikan Harga
        Tampilkan dalam satu baris hasilnya
        Hitung Jumlah
    Tampilkan nilai Jumlah
  • untuk pseudocode :
Jumlah = 0
Baca Jumlah-barang dari monitor
Do I = 1 to Jumlah-barang
Read data Unit dan Harga dari monitor
Nilai-barang = Unit * Harga
Tampilkan baris laporan di printer
Jumlah = jumlah + Nilai-barang
Enddo
Tampilkan Jumlah di printer
10 JUMLAH = 0
20 INPUT JUMLAHBARANG
30 FOR I = 1 TO JUMLAHBARANG
40 INPUT UNIT,HARGA
  1. NILAIBARANG=UNIT*HARGA
  2. LPRINT UNIT, HARGA,
    NILAIBARANG
  3. JUMLAH = JUMLAH +
    NILAIBARANG
80 NEXT I
  1. PRINT “JUMLAH PENJUALAN =”; JUMLAH
  1. Decision Tabel (Tabel Keputusan)
Tabel keputusan adalah tabel yang digunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan logika di dalam program. Algoritma yang berisi keputusan bertingkat yang banyak sekali sangat sulit untuk digambarkan langsung dengan structured English atau pseudocode.Untuk hal tersebut dapat digunakan tabel keputusan.
Struktur dari tabel keputusan terdiri dari empat bagian utama yaitu condition stub,condition entry,action stub dan action entry. Bagan dari table keputusan terlihat seperti dalam gambar berikut ini :

Rules1234… N
Condition Stub
Condition Entry
Action Stub
Action Entry

Gambar Struktur Tabel Keputusan
Condition Stub berisi kondisi-kondisi yang akan diseleksi.
  1. Condition entry berisi kemungkinan-kemungkinan dari kondisi yang diseleksi yaitu terpenuhi (diberi simbol “Y”) dan tidak terpenuhi (diberi simbol “T”).Setiap kondisi yang diseleksi akan mempunyai dua kemungkinan kejadian yaitu terpenuhi dan tidak terpenuhi.Bila ada n kondisi yang akan diseleksi maka akan terdapat N kemungkinan kejadian yaitu sebesar N = 2n.
  2. Action stub berisi pernyataan-pernyataan yang akan dikerjakan baik kondisi yang diseleksi terpenuhi maupun tidak terpenuhi.
  3. Action entry digunakan untuk memberi tanda tindakan mana yang akan dilakukan dan mana yang tidak akan dilakukan.
Latihan : Buatlah tabel keputusan untuk kasus berikut ini :
Jika unit yang dipesan untuk suatu barang tertentu sama atau melebihi jumlah minimum untuk mendapatkan potongan dan pemesannya adalah dealer, maka akan mendaparkan potongan, sebaliknya bila unit yang dipesan kurang dari unit minimum untuk mendapatkan potongan, walaupun yang membeli dealer, maka tidak akan mendapat potongan. Bila unit barang persediaan di gudang tidak mencukupi, maka yang dikirim adalah unit yang ada dan kemudian dibuatkan catatan kekurangannya (Backorder). Kalau unit persediaan mencukupi maka semua pesanan dikirim.
Jawaban :

Rules
1
2
3
4
5
6
7
8
a. Apakah unit dipesan >= unit min. potongan?
b. Apakah pemesannya adalah dealer?
c. Apakah unit persediaan mencukupi?
Y
Y
Y
YY
T
Y
T
Y
Y
T
T
T
Y
Y
T
Y
T
T
T
Y
T
T
T
a. Mendapatkan potongan
b.Tidak mendapatkan potongan
c. Kirim semua yang dipesan
d. Kirim yang ada saja
e. Buat catatan kekurangannya
X
-
X
-
-
X
-
-
X
X
-
X
X
-
-
-
X
-
X
X
-
XX
-
-
-
X
-
X
X
-
XX
-
-
-
X
-
X
X




Untuk teman-teman yang hendak mencopy artikel ini untuk dipasang pada blog atau web-nya, dengan sangat diharapkan untuk mencantumkan Link keblog ini (http://new-funday.blogspot.com) sebagai sumber artikel sekaligus sebagai backlink untuk blog ini. Terima kasih untuk pengertian dan kerjasamanya, Salam Sukses :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan pesan mengenai Blog ini, Tapi jangan Nyepam ya...Makasi atas Kunjunganya :)

Baca Juga Yang Ini :) :

 
Copyright 2008 New World Funday is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com