Pada mata kuliah Sistem Informasi kalian pasti akan mendapatkan materi mengenai Structure English (SE) dan Pseucode. Mau tau lebih detail mengenai materi tersebut, okey disini kalian berada di jalur yang benar karena funday akan membahas mengenai Perancangan Program sbb :
PERANCANGAN PROGRAM
Algoritma merupakan pola pikir
terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian masalah.Dalam
tahap-tahap tersebut dapat digunakan dengan teknik tulisan dan gambar.
Penyajian algoritma dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan metode
structure English,struktur Indonesia dan pseudocode. Dalam penyajian
dengan gambar dapat menggunakan metode structure chart,hierarchy plus
input process output dan flowchart.
-
Structured English dan struktur Indonesia
Structured English (SE) merupakan alat yang cukup efisien untuk menggambarkan suatu algoritma.Basis dari structured English adalah bahasa Inggris sedangkan Struktur
Indonesia (SI) berbasis pada bahasa Indonesia. -
PseudocodePseudocode berasal dari kata pseudo (mirip) dan code (kode).Pseudocode merupakan salah satu metode menuliskan algoritma yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya. Pseudocode berbasis pada bahasa pemrograman yang sesungguhnya, seperti COBOl, FORTRAN,C atau Pascal, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.
Secara garis besar struktur penulisan program terdiri dari :
-
Struktur urut
Contoh struktur urut
- untuk SI :
Baca data Jam-kerja
Hitung Gaji adalah Jam-kerja dikalikan Tarip
Tampilkan Gaji
- untuk pseudocode :
Baca data Jam-kerja dari keyboard Read Jam-kerja
Hitung Gaji = Jam-kerja * Tarip Let Gaji = Jam-kerja * Tarip
Tampilkan Gaji di monitor Print Gaji
-
Struktur Keputusan
Contoh struktur keputusan :
Struktur If-Then
-
untuk SI : If Nilai lebih besar dari 60 Then tambah 1 ke Lulus
-
untuk pseudocode :
If Nilai > 60 Then
Lulus = Lulus + 1
Endif
-
Struktur Iterasi (Perulangan)
Contoh struktur Iterasi :
Struktur For
-
untuk SI :
Baca Jumlah-barang
Untuk masing-masing barang
Baca data Nilai-penjualan (Unit dan Harga)
Hitung Nilai-barang yaitu Unit dikalikan Harga
Tampilkan dalam satu baris hasilnya
Hitung Jumlah
Tampilkan nilai Jumlah
-
untuk pseudocode :
Jumlah = 0
Baca Jumlah-barang dari monitor
Do I = 1 to Jumlah-barang
Read data Unit dan Harga dari monitor
Nilai-barang = Unit * Harga
Tampilkan baris laporan di printer
Jumlah = jumlah + Nilai-barang
Enddo
Tampilkan Jumlah di printer
|
10 JUMLAH = 0
20 INPUT JUMLAHBARANG
30 FOR I = 1 TO JUMLAHBARANG
40 INPUT UNIT,HARGA
80 NEXT I
|
-
Decision Tabel (Tabel Keputusan)
Tabel
keputusan adalah tabel yang digunakan sebagai alat bantu untuk
menyelesaikan logika di dalam program. Algoritma yang berisi keputusan
bertingkat yang banyak sekali sangat sulit untuk digambarkan langsung
dengan structured English atau pseudocode.Untuk hal tersebut dapat
digunakan tabel keputusan.
Struktur dari tabel keputusan terdiri
dari empat bagian utama yaitu condition stub,condition entry,action stub
dan action entry. Bagan dari table keputusan terlihat seperti dalam
gambar berikut ini :
Rules1234… N
Condition StubCondition Entry
Action Stub
Action Entry
Gambar Struktur Tabel Keputusan
Condition Stub berisi kondisi-kondisi yang akan diseleksi.
-
Condition entry berisi kemungkinan-kemungkinan dari kondisi yang diseleksi yaitu terpenuhi (diberi simbol “Y”) dan tidak terpenuhi (diberi simbol “T”).Setiap kondisi yang diseleksi akan mempunyai dua kemungkinan kejadian yaitu terpenuhi dan tidak terpenuhi.Bila ada n kondisi yang akan diseleksi maka akan terdapat N kemungkinan kejadian yaitu sebesar N = 2n.
-
Action stub berisi pernyataan-pernyataan yang akan dikerjakan baik kondisi yang diseleksi terpenuhi maupun tidak terpenuhi.
-
Action entry digunakan untuk memberi tanda tindakan mana yang akan dilakukan dan mana yang tidak akan dilakukan.
Latihan : Buatlah tabel keputusan untuk kasus berikut ini :
Jika unit yang dipesan untuk suatu
barang tertentu sama atau melebihi jumlah minimum untuk mendapatkan
potongan dan pemesannya adalah dealer, maka akan mendaparkan potongan,
sebaliknya bila unit yang dipesan kurang dari unit minimum untuk
mendapatkan potongan, walaupun yang membeli dealer, maka tidak akan
mendapat potongan. Bila unit barang persediaan di gudang tidak
mencukupi, maka yang dikirim adalah unit yang ada dan kemudian dibuatkan
catatan kekurangannya (Backorder). Kalau unit persediaan mencukupi maka semua pesanan dikirim.
Jawaban :
Rules
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
a. Apakah unit dipesan >= unit min. potongan?
b. Apakah pemesannya adalah dealer?
c. Apakah unit persediaan mencukupi?
|
Y
Y
Y
|
YY
T
|
Y
T
Y
|
Y
T
T
|
T
Y
Y
|
T
Y
T
|
T
T
Y
|
T
T
T
|
a. Mendapatkan potongan
b.Tidak mendapatkan potongan
c. Kirim semua yang dipesan
d. Kirim yang ada saja
e. Buat catatan kekurangannya
|
X
-
X
-
-
|
X
-
-
X
X
|
-
X
X
-
-
|
-
X
-
X
X
|
-
XX
-
-
|
-
X
-
X
X
|
-
XX
-
-
|
-
X
-
X
X
|
Untuk teman-teman yang hendak mencopy artikel ini untuk dipasang pada blog atau web-nya, dengan sangat diharapkan untuk mencantumkan Link keblog ini (http://new-funday.blogspot.com) sebagai sumber artikel sekaligus sebagai backlink untuk blog ini. Terima kasih untuk pengertian dan kerjasamanya, Salam Sukses :)
Posting Komentar
Silakan Tinggalkan pesan mengenai Blog ini, Tapi jangan Nyepam ya...Makasi atas Kunjunganya :)