22 Jul 2010

Cengkeh Adalah Sumber Antioksidan Terbaik

. 22 Jul 2010

Cara untuk mendapatkan antioksidan yang baik tidak harus selalu mengkonsumsi buah atau sayur. Sumber antioksidan juga terdapat dalam rempah-rempah yang sering digunakn untuk memasak yaitu cengkeh.

Tim peneliti dari Miguel Hernández University, Spanyol, mengidentifikasi bahwa cengkeh (Syzygium aromaticum) merupakan rempah dengan zat antioksidan terbaik. Hal itu karena cengkeh mengandung senyawa phenolic yang tinggi.

"Dari pengujian lima sifat antioksidan, cengkeh memiliki kemampuan tertinggi untuk menghilangkan hidrogen, mengurangi peroksidasi lipid, dan merupakan peredam zat besi terbaik," kata Juana Fernández-López, salah seorang peneliti seperti dikutip dari Times of India.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan antioksidan alami pada bumbu masak yang digunakan dalam makanan Mediterania, atau dengan bentuk ekstrak, merupakan pilihan yang layak untuk industri makanan. Tak masalah selama karakteristik organoleptik dari produk makanan tidak terpengaruh. Kandungan antioksidan tinggi akan memberi efek menguntungkan bagi kesehatan.

Tim peneliti juga mengevaluasi efek antioksidan minyak esensial dari berbagai bumbu seperti oregano (Origanum vulgare), thyme (Thymus vulgaris), rosemary, (Rosmarinus funcionarios cinalis) dan sage (Salvia funcionarios cinalis). Penelitian dilakukan untuk melihat kemungkinan dimasukkannya rempah-rempah tersebut dalam produk makanan sebagai sumber antioksidan alami.




Sumber : Vivanews.com



1 comment

Info Kesehatan Raga mengatakan...

Kalau cengkeh dalam kandungan rokok, apakah sebagai perasa tambahan atau sebagai antioksidan juga ya?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan pesan mengenai Blog ini, Tapi jangan Nyepam ya...Makasi atas Kunjunganya :)

Baca Juga Yang Ini :) :

 
Copyright 2008 New World Funday is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com