Apa itu Class pada Pemograman Java? - Pengertian Class, Reference Variable, Object, State, Behaviour
Berbicara soal Java, pastilah tak akan lepas dari objek. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan objek itu sendiri ? Berikut ini saya berikan contohnya :
Kemudian terdapat sebuah main class berikut :
Beberapa istilah yang dapat saya jelaskan berdasarkan code di atas antara lain :
Class –> suatu template/cetakan yang berisi attribute dan method. Pada contoh di atas Member dan Main adalah sebuah class.
Reference variable –> Suatu variable yang merujuk ke suatu object. Pada contoh di atas member adalah sebuah reference variable yang menunjuk ke object Member.
Object –> instance dari sebuah class yang terbentuk ketika kita menggunakan keyword new. Object yang terbentuk dari sebuah class akan memiliki hak akses terhadap keseluruhan isi class.
State (instance variables) –> variable2 yang dideklarasikan di dalam class. Pada contoh di atas nama dan umur disebut dengan state.
Behaviour (methods) –> fungsi2 yang dideklarasikan di dalam class. Pada contoh di atas getNama(), setNama(), getUmur(), dan setUmur() adalah suatu behaviour/method.
4 istilah yang sudah saya jelaskan di atas tentu memerlukan sebuah nama. Nama dari suatu class, object, state dan method disebut dengan identifiers.
Nama dari suatu indentifiers haruslah unik dan ada beberapa peraturan mengenai penamaan identifier. Silahkan lanjutkan baca di tulisan berikutnya mengenai Penamaaan Identifier di Java.
Berbicara soal Java, pastilah tak akan lepas dari objek. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan objek itu sendiri ? Berikut ini saya berikan contohnya :
package com.maniakjava.domain;
public class Member
{
private String nama;
private int umur;
public String getNama()
{
return nama;
}
public void setNama(String nama)
{
this.nama = nama;
}
public int getUmur()
{
return umur;
}
public void setUmur(int umur)
{
this.umur= umur;
}
}
Kemudian terdapat sebuah main class berikut :
package com.maniakjava.main.app;
import com.maniakjava.domain.Member;
public class Main
{
public static void main(String[] args)
{
Member member = new Member();
member.setNama("Maniak Java");
member.setUmur(99);
System.out.println("Nama : " + member.getNama());
System.out.println("Umur : " + member.getUmur());
}
}
Beberapa istilah yang dapat saya jelaskan berdasarkan code di atas antara lain :
Class –> suatu template/cetakan yang berisi attribute dan method. Pada contoh di atas Member dan Main adalah sebuah class.
Reference variable –> Suatu variable yang merujuk ke suatu object. Pada contoh di atas member adalah sebuah reference variable yang menunjuk ke object Member.
Object –> instance dari sebuah class yang terbentuk ketika kita menggunakan keyword new. Object yang terbentuk dari sebuah class akan memiliki hak akses terhadap keseluruhan isi class.
State (instance variables) –> variable2 yang dideklarasikan di dalam class. Pada contoh di atas nama dan umur disebut dengan state.
Behaviour (methods) –> fungsi2 yang dideklarasikan di dalam class. Pada contoh di atas getNama(), setNama(), getUmur(), dan setUmur() adalah suatu behaviour/method.
4 istilah yang sudah saya jelaskan di atas tentu memerlukan sebuah nama. Nama dari suatu class, object, state dan method disebut dengan identifiers.
Nama dari suatu indentifiers haruslah unik dan ada beberapa peraturan mengenai penamaan identifier. Silahkan lanjutkan baca di tulisan berikutnya mengenai Penamaaan Identifier di Java.
Posting Komentar
Silakan Tinggalkan pesan mengenai Blog ini, Tapi jangan Nyepam ya...Makasi atas Kunjunganya :)