25 Sep 2013

Pengertian Class, Object, Method Modifier Public, Static, Void, Private dan Extends

. 25 Sep 2013

Pembahasan mengenai  class, objek, metod, modifier public,static, private, void
class, objek dan metod

- Class  adalah suatu frame yang merupakan  definisi yang memuat data dan metod pengolah data
- Objek adalah bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan metod dapat direalisasikan

Dibawah ini adalah contoh dari class dan objek


Definsi sebuah class
public class Cat {
    private String nama="Noname";
    private int umur=0;
    public Cat(String nm, int um) {nama=nm; umur=um;}
    public void bark()
        {System.out.println("Meooooonnnggggg");}
    public void sayHello()
        {System.out.println("Hello my name is "+nama+" I m a "+umur+"years old");
    }
    }

 Metod
l- Contoh metod : bark(), sleep()
                                definisi metod :
                                [public/static] return_value nama_metod(parameter){ … }
                                { isi metod}




Membuat objek pada dasarnya sama dengan mendefinisikan data dan mengisi nilai datanya.
Contoh :
Mendefinisikan data :
                                String nama;
Mendefinisikan data sekaligus mengisi data :
                                String nama=“Itemm”;
Mendefinisikan objek : (nama objek adalah myCat, merupakan objek dari class Cat)
                                Cat myCat;
Mendefinisikan objek sekalligus menginisialisasi nilai objek.
                                Cat myCat = new Cat(“Itemm”,5 );


Memanggil metode dari objek
Berikut ini class yang memuat program utama dan memanggil metod bark() dan seyHello().
Rumus memanggil metod adalah :
nama_class.nama_metod()
public class CatRun
{public static void main (String[ ]  arg)
   { Cat myCat= new Cat(“Itemm”,5);
    Cat yourCat =  new Cat(“Manisss”, 4);            
       myCat.bark();
                    myCat.sayHello();
                    System.out.println(“Kenalkan kucingmu:”);
                    yourCat.sayHello();
    } // akhir main
} //akhir definisi class

Setelah selesai edit disimpan dalam file :CatRun.java
Saat dikompilasi dengan :
>javac CatRun.java
Akan terbentuk dua file class, yiatu :CatRun.class dan Cat.class
Saat dieksekusi dengan :
>java DogRun,
Maka outputnya akan seperti di bawah ini


Modifier public, static, void, private
   Modifier public :berarti metod tersebut dipanggil bisa untuk semua class
Contonya :


   Pada definisi class, merupakan class yang memuat metod main(), dan nama file disimpan dengan nama class public
  Pada definisi metod, bermakna bahwa metod tersebut dapat diakses dari luar class yang bersangkutan
  Pada daefinisi data, bermakna data tersebut dapat diakses dari luar class
 Modifier void pada metod: berarti Metod tersebut tidak ada return valuenya atau bisa juga disebut type datayang tidak mempunyai nilai balik
Contohnya :

  Modifier static pada metod : berarti metod tersebut dapat dipanggil hanya dari dalam class yang sama
Contoh :


    Modifier private pada data : berarti  data hanya dapat diakses dari class yang sama
Contohnya :


     Modifier protected paad metod : dapat diakses dari class turunannya
Constructor
Construktor adalah jenis metod yang akan otomatis dipanggil jika suatu objek dibuat
Construktor didefinisikan secara public dan namanya sama dengan nama classnya
Construktor dapat didefinisikan lebih dari satu definisi
Contoh : untuk Cat ditambah definisi construktor tanpa parameter, menjadi :
            public Cat( ) { }
            public Cat(String nm, int um){nama=nm; umur=um;}




Encapsulation
Encaptulation: konsep dalam OOP yang bertujuan membungkus (mang-kapsul) data dan metode dalam suatu class sehingga data dan metode yang tersembunyi dalam class tidak dapat diases dari luar class.
Encaptulation direalisir dengan modifier : private
Data yang dapat diases dari luar diberi modifier dengan public

Contoh :




memberikan sebuah contoh syntax bagaimana cara menghitung luas lingkaran pada program Netbeans 6.5.1

Lihat contoh gambar di bawah ini...

Syntax Luas_lingkaran



Hasil dari porgram diatas adalah sbb :


:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan pesan mengenai Blog ini, Tapi jangan Nyepam ya...Makasi atas Kunjunganya :)

Baca Juga Yang Ini :) :

 
Copyright 2008 New World Funday is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com