16 Des 2014

Membuat Repositori Upload File via FTP untuk Moodle 2.4.6

. 16 Des 2014

New Funday - Halo Sobat Blogger, Semoga dalam keadaan sehat dan bersemangat.
Kali ini saya akan membahas mengenai Moodle yaitu versi 1.9. Salah satu yang membuat saya mempertahankan penggunaan moodle 1.9 adalah fitur file repository-nya . File repositori moodle versi ini memungkinkan user untuk meng-upload-kan file dengan ukuran besar melalui selain http (ftp, scp, git, rsync) .  Sementara moodle yang baru menggunakan form upload dari html dengan fitur dan kemudahan-kemudahan yang disediakannya. Batasannya untuk fitur ini adalah ukuran file yang harus di-setting-kan padaphp.ini .


Karena kebutuhan untuk upload file dalam ukuran yang besar, saya lakukan investigasi ragam fitur file repositori untuk Moodle versi 2 ini. Terutama fitur upload selain menggunakan html form . Dalam proses ini saya menemukan ada fitur ‘File Systems’ . Fitur yang terletak pada plugins , repositories, management repositories . 

Dengan mengaktifkan fitur ‘File Systems’ ini , kemudian moodle akan meng-create folder ‘Repository’ pada direktori dataroot / moodledata. Kemudian kita buat sebuah folder di sana untuk lokasi penyimpanan file-file besar . Setiap file yang nanti disimpan pada folder ini , kemudian dapat dibaca oleh moodle. 
Untuk menguploadkan, kita bisa aktifkan service ftp / scp dengan direktori diarahkan pada folder di atas. Sehingga setiap user yang membutuhkan menguploadkan file dengan ukuran di atas ambang/limit php.ini bisa melakukannya melalui ftp ini , kemudian bisa dibaca dari lms Moodle . Untuk menampilkannya, user dengan privilege teacher dapat meng-create atau meng-attach file dari course-nya masing-masing dengan menambahkan aktivitas atau resource.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan pesan mengenai Blog ini, Tapi jangan Nyepam ya...Makasi atas Kunjunganya :)

Baca Juga Yang Ini :) :

 
Copyright 2008 New World Funday is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com