4 Sep 2014

Menjadi LMS Administrator yang handal

. 4 Sep 2014


Setelah sistem e-learning berhasil diimplementasikan , client kemudian bertanya kebutuhan-kebutuhannya untuk dapat sistem tersebut beroperasi. 
Salah satu kebutuhan operasional sistem adalah sdm yang berperan sebagai LMS Administrator . Untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan seseorang yang diberikan kewenangan untuk menjalankan sistem e-learning. Untuk menjadi LMS Administrator tidak diperlukan kemampuan spesifik . Setiap staf dapat ditugaskan untuk menjadi LMS Administrator ini dengan bekal kemampuan dasar sistem e-learning.


Tanggung jawab seorang LMS Administrator ini biasanya berbeda antar institusi . Namun secara umum , ada 7 fungsi yang harus dapat dilakukannya berkaitan dengan sistem, antara lain : 
  1. Mengelola user
  2. Mengelola course topic
  3. Mengelola modul sistem
  4. Mengelola tampilan/interface
  5. Maintenance rutin
  6. Setup awal
  7. Mendukung staf instruktur, peserta
Selain itu , berkaitan dengan lingkungan operasi sistem, seorang LMS Administrator juga harus menjamin lingkunganini secure, stabil, dan dapat berjalan dengan baik. Menjadwalkan rutin mem-backup sistem , mengoperasikan sistem monitoring, membuat laporan penggunaan, troubleshooting dan menjalankan maintenance. 
Dengan mengetahui tanggung jawab di atas, dan belajar cepat , maka setiap orang dapat diberikan mandat menjadi LMS Administrator.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan pesan mengenai Blog ini, Tapi jangan Nyepam ya...Makasi atas Kunjunganya :)

Baca Juga Yang Ini :) :

 
Copyright 2008 New World Funday is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com